Booster BBM / Menaikkan Oktan Bensin / pengHemat BBM

Tip ini sebenarnya juga bermanfaat untuk menghemat BBM karena mungkin nanti bbm kita sudah tidak lagi bersubsidi jadi harus hemat hemat lah bbm ini.

Dipasaran banyak sekali aditive atau campuran untuk menaikkan oktan kita. Jadi kalau kita biasa pakai premium agar enak kita harus tambahkan aditive agar rasanya seperti pertamax tetapi mesin juga tidak panas seperti pemakaian pertamax.

Dulu sebelum ada aditiv saya suka pakai kapur barus yang tidak berwarna. Ini juga murah meriah cuma pada ruang bakar ada lapisan tipis dari kapur barus tsb. Namanya juga akal akalan maka hasilnya cukup memuaskan (namun saya tidak sarankan)

Dari banyak merek yang saya pakai misalnya STP orange dan STP silver, Produknya Top One bahkan minyak sereh juga dapat dijadikan alternatif. saya merekomendasikan sbb:

  1. Dipasaran ada HOT PIL untuk menaikan oktan biasanya saya pakai 2-3 butir tangki full minimum 40 liter, pernah coba pemakaian 2 tidak kerasa jadi idealnya 3 butir untuk 1 tangki kosong. Ini saya anjurkan karena ekonomis jika dibandingkan dengan merek diatas. Saya biasa beli 35-49 rb tetapi ini jarang sekali di tempat umum jadi anda harus membelinya di ACE hardware yang kita tahu harga di sana cukup lumayan mahal.
  2. Yang terakhir saya coba adalah Mygreen Oil, ini produk amerika tetapi kalau saya perhatikan di import dari my. Ini lebih ekonomis lagi karena jatuhnya 1:1000 atau 1mili dipakai untuk 1 liter. Untuk jarak jauh ini terasa enak sekali dan mesin juga lebih halus. Selain itu juga jarak tempuh menjadi lebih jauh jadi selain tarikan juga enak, jarak tempuh juga cukup jauh bisa 20-30 lebih hemat bergantung dari cara anda berkendaraan.

Cara diatar sudah cukup murah meriah namun hasilnya juga tidak terlalu terasa. Maka anda dapat merogoh kantong sedikit lebih dalam lagi ya sekitar 70 rb sd 140 rb per 60 liter.

  1. Gunakan oktan booster merangkap pembersih sistem BBM, dipasaran sudah banyak kok, umumnya menyebut kondisioner BBM
  2. Sesuaikan dengan jenis BBM anda apakah premium atau diesel, harga relatif murah kok karena sudah ada yang lokal cuma 57 sd 70 rb per 60 liter. yang bagus bisa pakai GoldenEagle 104+ harga 140 rb an.
  3. Nanti kalau mau ganti Oli jadi habiskan 1 tangki ini sebelum ganti oli gunakan GolderEagle "Complete Fuel System Cleaner"
  4. Jika sudah habis point no 3, anda bisa ganti olie dan lihat oli akan berwarna agak kecoklatan akiba karbon yang tercuci pada olie.

Sebanarnya bisa juga anda memasukkkan kondisioner semprot pada intake / saluran masuk udara, atau yang lebih extrim membuka saluran masuk udara hingga intake / katup. Namun cara ini mahal dan juga bersiko lain.

jika anda sudah pernah melakukan 1x (no. 1 sd 4) anda akan rasakan sensasi mobil baru dan suara mesin lebih lembut, BBM lebih irit lebih dari 18 %. Apalagi jika keluar kota maka akan terasa irit sekali lebih dari 30%.

namun jika dirasa masih kurang anda dapat merubah sedikit kelistrikan mobil anda, Jika memang anda mau serius untuk membenahi pengapian tentu saja perlu kocek lebih dalam lagi seperti

  1. Memakai busi iridium
  2. membesarkan api busi
  3. Kabel busi menggunakan karbon
  4. Merubah setting komputer pengapian atau dengan menambah alat
  5. dll (cara ini mahal sekali, beresiko dan hanya mereka yang mengerti dan ahli)

Hasil yang didapat juga lumayan tetapi saya tidak sarankan kepada anda yang belum pernah punya pengalaman akan hal ini, cukup puas dengan menambah aditif seperti diatas.

Tetapi perawatan sistem pembakaran juga jauh lebih utama, yaitu dengan membersihkan saluran Injektor ke mesin, biasanya ini akan sangat membantu.

Dapatkan asuransi Mobil anda dengan premi 1.93%, dan segera hubungi kami.

 

Klaim Asuransi Mobil

Dapatkan layanan Pick UP Mobil free dan rasakan kenyamanan dalam klaim dan berasuransi . Klaim Asuransi Mobil

Sponsor Anda

Who's Online

We have 14 guests online

Agen Asuransi Mobil Online

Feel free to get in touch with us!
 
M. Hadi WN. ST.
Qualified Insurance Practitioner
Hp.           0814 11 11 0799 - 0851 051 8899
Direct:     021 – 2227 3104
email:      hwn at asuransikendaraan.net