Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Menekan tingkat konsumsi bahan bakar merupakan langkah yang tepat tidak hanya untuk menghadapi krisis energi yang saat ini sedang melanda dunia, namun juga mampu memangkas pengeluaran kantong Anda secara signifikan.  Caranya bermacam-macam. Namun yang paling kentara adalah dengan menjaga kondisi kendaraan Anda. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda terapkan untuk mereduksi konsumsi bahan bakar.

Jaga Kondisi Mesin
Segera masukan mobil Anda ke bengkel sesuai dengan masa perawatan yang telah ditentukan. Lakukan tune up dan periksa komponen-komponen mesin. Dengan memperbaiki dan mengganti komponen yang rusak serta membuat mesin lolos uji emisi dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 4%. Dengan membenahi masalah yang serius seperti mengganti sensor oksigen dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 40%.

Jaga Tekanan Ban
Anda dapat mendongkrak efisiensi bahan bakar hingga 3.3% dengan menjaga tekanan ban mobil Anda dalam kondisi yang sesuai dengan yang disarankan oleh masing-masing manufaktur. Efisiensi bahan bakar akan berkurang sebanyak 0.3% untuk setiap 1psi tekanan yang berkurang pada ke empat buah ban. Memompa ban dalam tekanan yang pas juga akan menjaga daya tahan ban tersebut.

Gunakan Oli Mesin Yang Sesuai
Dengan menggunakan jenis dan tipe oli sesuai dengan yang disarankan oleh tiap pabrikan berarti Anda juga telah meningkatkan efisiensi bahan bakar antara 1 hingga 2%. Semisal, dengan mengadopsi oli 10W-30 pada mesin yang didesain untuk oli 5W-20 dapat memperboros konsumsi bahan bakar antara 1 – 1.5%. Jangan lupa untuk memakai oli mesin yang bertuliskan “Energi Conserving” pada simbol API Performance untuk memastikan oli tersebut mengandung aditif pengurang friksi.

Ganti Penyaring Udara
Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengganti clogged air filter pada mesin bersistem injeksi yang dikontrol lewat komputer tidak mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar namun dapat mengembangkan akselerasi dari mobil tersebut. Namun jika memasang penyaring udara tersebut pada mobil yang berusia lebih tua dan menggunakan karburator dapat mendongkrak efisiensi bahan bakar antara 6 hingga 11%.

Gunakan Aditive
Penggunaan aditive diajurkan untuk menaikkan oktan dan juga berefek meningkat performansi mesin dan juga menghematkan BBM khususnya pada pemakaian jarak jauh akan terasa hemat nya. Penggunaan yang pernah saya coba berbagus serta tidak menimbulkan efeksamping pada mesin. Prosuk STP, Griffin "hot pil", minyak sereh, mygreenoil. Yang cukup bagus secara pengalaman saya adalah http://www.goldeagle.com

 

Klaim Asuransi Mobil

Dapatkan layanan Pick UP Mobil free dan rasakan kenyamanan dalam klaim dan berasuransi . Klaim Asuransi Mobil

Sponsor Anda

Who's Online

We have 32 guests online

Agen Asuransi Mobil Online

Feel free to get in touch with us!
 
M. Hadi WN. ST.
Qualified Insurance Practitioner
Hp.           0814 11 11 0799 - 0851 051 8899
Direct:     021 – 2227 3104
email:      hwn at asuransikendaraan.net