Cara Melihat Oli Mesin Mobil

Posisikan mobil Anda di tempat yang memiliki permukaan datar kemudian matikan mesin. Tunggu sesaat sampai mesin dingin atau hingga semua oli mesin menetes pada bak penampungnya. Tarik dipstick oli mesin. Jika Anda tidak mengetahui dimana dipstick berada, segera baca owners manual book mobil Anda  atau cari tulisan “engine oil”.

Seka dipstick dengan menggunakan kain bersih atau tisu kasar kemudian taruh dipstick di posisi semula.

Sekarang, cabut dipstick sekali lagi dan periksa kondisi oli. Dalam keadaan normal, seharusnya oli akan berada pada tanda full. Misalnya, Anda melihat oli berada pada tanda sedikit di bawah garis normal. Meski hal tersebut tidak menjadi masalah, namun tidak ada salahnya jika Anda menambah jumlah oli tersebut. Periksa kondisi oli. Jika sudah berwarna terlalu hitam, maka inilah saat yang tepat untuk langsung menggantinya. Kalau sedikit berwarna kecoklatan, masih bisa ditolerir. Begitu juga dengan warna coklat sedikit gelap namun masih transparan. Namun jika oli pada dipstick sudah berwarna sedikit memutih (coklat susu), maka bisa jadi mobil Anda mengalami kerusakan pada mesin yang mengakibatkan oli mesin tercampur dengan cairan lain. Segera bawa ke bengkel.

Jauh lebih baik jika Anda menambahkan oli dengan menggunakan tipe dan jenis yang sama seperti yang sudah pernah Anda pakai  sebelumnya. Tambahkan sedikit oli seperti tampak dalam gambar. Tunggu sebentar sampai oli turun. Periksa level oli sekali lagi dengan menggunakan dipstick. Jika masih rendah, segera tambahkan lagi dan jangan sampai kepenuhan. Jangan lupa untuk kembali menancapkan dipstick ke posisi awal.

Sumber: Solusi-otomotif.com


 

Klaim Asuransi Mobil

Dapatkan layanan Pick UP Mobil free dan rasakan kenyamanan dalam klaim dan berasuransi . Klaim Asuransi Mobil

Sponsor Anda

Who's Online

We have 6 guests online

Agen Asuransi Mobil Online

Feel free to get in touch with us!
 
M. Hadi WN. ST.
Qualified Insurance Practitioner
Hp.           0815 8415 3838, 0813 840 38848
Direct:     021 – 4030 8 999 - 341 88 999
email:      hwn at asuransikendaraan.net