Perbedaan Lampu Headlight Menggunakan Halogen, Led, Hid dan Laser

Akhir-akhir ini, berbagai macam tehnologi headlamp telah diciptakan oleh berbagai macam pabrik mobil, mereka saling bersaing dari fungsi sampai model dari headlamp sebuah mobil yang diproduksinya yang juga merupakan hal yang signifikan. Adapun beberapa jenis Headlamp yang di pakai pada mobil macam-macamnya adalah:

Halogen

Jenis lampu yang menghasilkan cahaya ringan dengan sumber daya yang terbatas pada sebuah mobil dan masih mengalami kendala bagi para insinyur-insinyur otomotif terdahulu, filament tungsten, yang hampir sama dengan lampu pijar yang digunakan dalam rumah tangga, yang akhirnya ditetapkan sebagai solusi dalam pembuatan lampu halogen tersebut. Mulai dari pertengahan tahun 1960 an sampai sekarang bola lampu dengan filament tungsten ini dibungkus dengan halogen guna untuk meningkatkan keterangan dari cahaya yang di hasilkan dan menambah panjang umur dari lampu halogen tersebut.

Dari sejarah yang ada, baik lampu tungsten atau halogen yang digunakan untuk penerangan di jalan raya dengan menggunakan lensa reflector sebagai pelindung dari lampu halogen, sekarang ini fungsi dari keduanya dipisahkan, sejak tahun 1990 untuk lampu ekterior mobil yang digunakan untuk penerangan dibuat dari polycarbonate sebagai pengganti kaca sehingga menghasilkan pencahaayaan yang lebih terang dan lebih kuat, sedangkan cahaya yang berasal dari headlamp menggunakan bohlam dan menggunakan reflector dengan desain yang komplek didesain dengan computer seperti yang ada pada Ford Ranger (kanan atas), sedang untuk alternative lampu beam bisa di arahkan dengan lensa proyektor yang ada dalam penutup headlamp, seperti yang di gunakan oleh Mazda MX-5. (atas kiri).

Untuk mengurangi biaya produksi dan daya tahan yang lebih lama bisa antara 500 sampai 1000 jam, bohlam halogen adalah lampu yang paling banyak digunakan dewasa ini, walaupun lambat laun banyak yang berpindah menggunakan jenis lampu yang lain. hal ini memicu para produsen untuk meningkatkan kualitas dan keefisienan dari lampu halogen ini. lampu halogen diketahui memiliki daya output sampai 55 watts, lebih dari 55 watt artinya membuang-buang energy dan hanya menimbulkan lampu cepat panas saja.

High Intensity Discharge (HID)

Pada High Intensity Discharge (HID) headlight seperti yang dipakai oleh mobil Lexus IS range, adalah campuran dari logam langka dengan unsur gas yang menghasilkan cayaha putih yang terang, HID ini 2 atau 3 kali lebih terang dari lampu Halogen dan kadang membuat orang silau. Seperti di Australia ada peraturan penggunaan lampu HID dan juga harus memiliki mekanisme self-leveling dan memiliki pencuci khusus lampu HID. Dulu biasanya headlight ini selalu diarahkan kearah depan dan terarah ke jalanan, tetapi sekarang ini arah dari bohlamnya agak mengarah keatas.

Walaupun HID ini mempunyai Out put cahaya yang terang namun membutuhkan watt yang kecil, yaitu hanya butuh sekitar 35 watt saja dan bisa bertahan sampai 2000 jam. dalam lampu HID ini terdiri dari pijar-pijar gas xenon, sehingga umum juga dikenal dengan Xenon headlight, gas Xenon ini akan menjaga lampu headlight berkedip-kedip saat dinyalakan dan menjaga lampu headlight mendapatkan iluminasi sampai mendapatkan cahaya maksimum, biasanya kedipan ini hanya berlangsung beberapa menit saja.

Lampu HID yang terpasang pada otomotif mudah untuk dibedakan dari warna cool white glow nya dan yang membedakan adalah warna biru yang ada pada sisi-sisinya, beberapa mobil dengan fitur HID hanya ada pada low beamnya, dan untuk high beamnya menggunakan halogen, bi-xenon bisa digunakan baik pada low beam maupun high beam pada sebuah 1 bohlam HID.

Lampu HID ini ada mulai tahun 1990-an, dan sekarang sudah menjadi mainstream dan banyak digunakan pada banyak model mobil dan harganya memang agak mahal.

Light Emitting Diodes (LED)

Light Emitting Diodes (LEDS), lampu-lampu LED ini awalnya diterapkan pada lampu senter kecil, casing computer , gantungan kunci, HP dan televisi. Sadar atau tidak, lampu-lampu LED tersebut banyak digunakan untuk penerangan diberbagai instrument panel, entertainment head unit dan interior mobil, dan juga ada deode yang di terapkan di foglamp, sebagai lampu rem. Para perancang otomotif suka LED karena ukurannya yang kecil dan bisa dibentuk bermacam-macam kreasi.

Walaupun lampu LED Headlight ini gagal mengalahkan keterangan seperti yang pada lampu HID, tetapi LED ini bisa mencapai pijar jutaan per detik jika dibandingkan dengan lampu halogen. Ketika LED digunakan sebagai indicator lampu rem lampu ini bisa membantu pengemudi dibelakang lebih cepat untuk bereaksi sekitar 30 persen. Ketahanan lampu LED ini bisa sampai 15.000 jam ketika dipakai sebagai Headlight.

Keuntungan dari lampu LED ini adalah bahwa lampu-lampu LED tersebut mengkonversi energy secara langsung menjadi cahaya bukan menjadi energy panas, berbeda dengan lampu halogen atau xenon yang cenderung merngkonversi energy panas. Jadi Panas yang di hasilkan oleh LED hanya pada komponen elektriknya bukan pada permukaan bohlam LED.

Mobil-mobil yang menggunakan headlamp LED ini antara lain Audi A8 dan Lexus LS serta Toyota Primus. Walaupun masih ada masalah dalam hal penerangannya yang kurang maksimal , tetapi Sedan Corolla juga ikutan menggunakan lampu LED sebagai Headlamp dan menjadi mainstream.

Laser

Akhir akhir ini BMW telah menjadi yang pertama menggunakan Laser pada lampu Headlamp yang di aplikasikan pada i8 Plug-in Hybrid supercar, cahaya atau sinar laser yang di hasilkan dari lampu headlight mobil ini dipancarkan dan focus pada gumpalan awan atau kabut yang mengandung gas phosphor berwarna kuning yang kemudian diurai oleh sinar laser yang memancarkan cahaya putih sehingga bisa menerangi jalan dengan lebih jelas sekalipun jalanan berkabut.

Biasanya sinar laser ini hanya digunakan pada High beam saja. BMW mengklaim bahwa headlamp model barunya dibuat lebih kecil supaya lebih efisien dengan lampu sekecil itu saja bisa menerangi sampai 600 meter kedepan, ini fitur yang ada pada mobil i8, jika dibandingkan dengan i8 yang menggunakan LED hanya bisa menerangi sampai sejauh 300 meter saja.

Keunggulan produk LED AS head light / Head lamp Secara Umum

  • Intensitas sinar LED AS sama atau lebih terang dari HID yang biasa.
  • Usia lampu yang sangat panjang, 50.000 jam; sementara HID lamp cuma 3.000 jam. Terbebas dari masalah ganti lampu tiap tahun.
  • Pemasangan mudah semudah mengganti lampu bohlam . Sementara pemasangan lampu HID lebih rumit dengan jumlah kabel yang banyak dan perlu installer berpengalaman.
  • Menggunakan Magnesium-aluminium alloy body untuk kecepatan pendinginan maksimal. Aman bagi rumah lampu mobil anda.
  • Lampu LED AS bebas error; sementara HID lamp sangat rentan terjadi error dan OFF tiba-tiba karena pemakaian jenis lampu berbeda setelah penggantian bohlam lampu ke-2 dan seterusnya.
  • Lampu LED menyala maximum secara instant; sementara HID lamp menyala terang secara perlahan.
  • Lampu LED AS tidak memiliki spektrum sinar UV seperti pada HID lamp sehingga LED AS tidak membuat plastik mica rumah lampu dan chrome cermin pantul menjadi kusam, rusak karena teroksidasi sinar UV.
  • Lampu LED = Hemat Energi.
  • Lampu LED tidak memakai gas berbahaya seperti merkuri dll.
  • Lampu LED AS durable, tahan getaran dan goncangan (baik untuk mobil SUV dan Super Sport).

Anda boleh bisa bandingkan saat ini harga di kaskus, alx, berniaga dll Saat artkel ini ditulis harga disana bisa selisih 500 rb sd 1 jt rupiah, jadi paling murah kita beli langsung saja pada gambar diatas.

Lampu tersedia dalam berbagai pilihan Cree Led Lamp H4 H7 H8 H11 Hb3 Hb4 H16 dan berbagai merek mobil, Toyota, Bmw, Maxda, Cevloret, Mercy, Honda dll

Salam bersahabat dan utamakan Keselamatan dalam berkendaraan, Dan berasuransilah segera

Sebagian sumber diambil dari

http://www.modifikasi.com/showthread.php/531912-Perbedaan-Lampu-Headlight-Menggunakan-Halogen-Led-Hid-dan-Laser

 

Klaim Asuransi Mobil

Dapatkan layanan Pick UP Mobil free dan rasakan kenyamanan dalam klaim dan berasuransi . Klaim Asuransi Mobil

Sponsor Anda


Agen Asuransi Mobil Online

Feel free to get in touch with us!
 
M. Hadi WN. ST.
Qualified Insurance Practitioner
Hp.           0814 11 11 0799 - 0851 051 8899
Direct:     021 – 2227 3104
email:      hwn at asuransikendaraan.net