Kenaikan tarif asuransi pukul penjualan mobil murah Print E-mail
Wednesday, 05 February 2014 00:00

Merdeka.com - Gabungan Pengusaha Kendaraan Indonesia (Gaikindo) khawatir rencana kenaikan tarif premi asuransi bakal memukul penjualan kendaraan bermotor. Segmen mobil murah akan terkena dampak paling besar dari implementasi rencana ini.

"Semakin rendah harga mobil maka semakin besar preminya, ini yang menjadi beban penjualan kendaraan bermotor, bukan saya tidak pro asuransi. Tetapi, dengan adanya aturan tersebut maka akan menambah beban asuransi bagi konsumen," ujar Ketua 1 Gabungan Pengusaha Kendaraan Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto di Jakarta, Rabu (5/2).

Menurutnya, aturan kenaikan tarif asuransi tersebut akan diterapkan pada Maret ini. Namun, dia mengaku belum membaca secara tuntas atas kebijakan tersebut.

"Maret ini akan diterapkan, tapi saya belum baca secara tuntas, akan ada rate baru, akan membebani bagi mobil kelas bawah," jelasnya.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta perusahaan asuransi untuk memberlakukan tarif premi yang masuk akal. Selama ini, perusahaan asuransi kerap kali terlihat obral premi demi menambah pemegang polis sebanyak-banyaknya.

Kenyataannya, praktik tersebut membuat perusahaan asuransi bangkrut karena tidak sanggup membayar klaim.

"Persaingan usaha di industri asuransi saat ini bisa membahayakan konsumen. Penentuan tarif ini penting untuk mendisiplinkan industri," kata Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani.

Dalam pertemuan itu, Firdaus menyosialisasikan surat edaran yang baru dikeluarkan OJK bernomor 6/D.05/2013 tentang penerapan tarif premi dan ketentuan biaya akuisisi pada asuransi kendaraan bermotor, harta benda, serta risiko khusus meliputi banjir hingga tsunami. Kebijakan tersebut akan berlaku untuk industri asuransi pada 1 Februari mendatang.

Data OJK menyebutkan, pada asuransi kendaraan bermotor, terjadi perubahan seiring kehadiran mobil murah ramah lingkungan (LCGC). Ada penaikan biaya pengajuan klaim yang harus ditanggung pemegang polis sebesar Rp 100 ribu dari Rp 200 ribu menjadi Rp 300 ribu.
[bim]

sumber: http://www.merdeka.com/uang/kenaikan-tarif-asuransi-pukul-penjualan-mobil-murah.html

 

Klaim Asuransi Mobil

Dapatkan layanan Pick UP Mobil free dan rasakan kenyamanan dalam klaim dan berasuransi . Klaim Asuransi Mobil

Sponsor Anda

Who's Online

We have 9 guests online

Agen Asuransi Mobil Online

Feel free to get in touch with us!
 
M. Hadi WN. ST.
Qualified Insurance Practitioner
Hp.           0814 11 11 0799 - 0851 051 8899
Direct:     021 – 2227 3104
email:      hwn at asuransikendaraan.net